Selasa, 29 Maret 2022

Rezeki tak Terduga

 

Rezeki tak terduga datang hari ini, Selasa 29 Maret 2022. Saat saya jaga Try Out ada notifikasi. Segera saya buka WA dari teman penulis.

[Asalamuallaikum Bu] tulis Mbak Arinda

[Bu ini laporan royalti buku Anakku Tabungan Surgaku]

[Saya transfer ke rekening Jenengan nggeh?]

Seketika saya agak kaget. Rezeki tak terduga datang. Saya pikir buku yang lama terbit sudah tak ada royaltinya. Lantas saya balas chat Mbak Arinda.

[Alhamdulillah, terima kasih Mbak. Saya tak menduga ternyata masih ada royalty dari penerbit]

[Ya, Bu. Buku lama kok masih ada. Alhamdulillah]

[Ya, Alhamdulillah, sekali lagi terima kasih] tulisku

Itulah sedikit percakapan saya dengan Mbak Arinda tentang royalti lyang masih ada. Berapa pun tetap disyukuri rezeki yang kami terima. 

Oh ya, sekadar kilas balik tentang buku itu. Waktu itu saya diajak duet oleh Mbak Arinda untuk membuat buku non-fiksi.  Buku yang berkisah tentang orang-orang yang kehilangan buah hati. Saya waktu itu amat senang karena digandeng penulis andal yang telah banyak menerbitkan buku. Yang tertarik adalah buku kami akan diajukan ke penerbit mayor. Betapa senangnya waktu itu.

Saya pun akhirnya diberi tugas oleh Mbak Arinda untuk menulis cerita nyata dari orang-orang yang kehilangan anak. Oleh karena itu, saya pun berburu ke berbagai teman yang punya cerita tentang orang yang kehilangan anak. Informasi tema tersebut saya kirim di grup-grup WA. Selanjutnya saya mewawancari narsum secara online. Selain itu saya pun mewancari langsung dengan orang yang kebetulan berada di daerah Ambarawa.

Setiap cerita dibuat delapan halaman. Wah benar-benar perjuangan waktu itu. Bukan satu dua cerita melainkan ada 6 cerita dengan berbagai kasus. Saya menulis cerita tentang anak yang kehilangan bayi dalam kandungan. kehilangan anak saat ditinggal jualan bakso dll.  Saya diberi waktu amat singkat untuk mengerjakan tulisan itu. Di tengah kesibukan saya harus mengerjakan. Masih ingat saat ada acara kegiatan literasi di Yogyakarta pun saya kerjakan.

Akhirnya dalam waktu singkat selesai juga yang menjadi bagian saya. Segera saya kirim ke Mbak Arinda. Alhamdulilah beberapa minggu kemudian naskah siap dikirim ke penerbit. Saya pun ikut serta mengedit naskah itu. Setelah beberapa bulan saya mendengar kabar buku yang berjudul Anakku Tabungan Surgaku bisa terbit di Tiga Serangkai. Suatu kebahagiaan tersendiri.

Tak diduga bahwa buku tersebut bisa mejeng di toko buku se-Nusantara. Royalti pun lancar diterima kami berdua. Alhamdulilah. 

#tantanganmaretbahagiagbm2022

#maretbahagia28

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar