Sabtu, 19 Maret 2022

Plong


Itulah yang kurasakan di hatiku seraya mengucap Alhamdulillah usai menyelesaikan tugas. Tugas ini sebenarnya sudah dilakukan sehari-hari. Bahkan berpuluh tahun memang mengajar. Namun, saat disupervisi rasanya hati ada yang beda. 

Jadwal supervisi semester genap telah terpasang di papan tulis ruang guru. Kulihat jadwal supervisi hari Senin. Di tengah sibuk membuat soal latihan Ujian Sekolah, aku harus mempersiapkan. Walaupun sudah biasa mengajar, kali ini aku tetap mempersiapkan. Mulai RPP dan perangkat lainnya. 

Sampailah hari H. Pagi sebelum pukul 07.00, Senin 14 Maret 2022 aku sudah sampai sekolah. Segera aku persiapkan perlengkapan dan blangko supervisi. 

"Supervisi jam pertama, Bu," kuingatkan pada Bu Ita selaku supervisor. 

"Siap Bu," jawab Beliau

Aku segera menuju  kelas 9 B yang berada di kelas bawah. Sambil berjalan kulantunkan doa agar lancar saat disupervisi. Para siswa diam saat aku memasuki kelas. Suara merdu guru PAI, Bu Novi terdengar dari kelas. Guru muda nan cantik ini sedang memimpin Asmaul Husna dari ruang TU dengan alat tertentu sehingga semua kelas bisa menyimak. 

Bu Ita memasuki ruangan ketika anak-anak masih melantunkan Asmaul Husna. Sesaat kemudian bel berbunyi tanda pembelajaran pertama dimulai. Beliau duduk di belakang para siswa. RPP dan perangkat lainnya aku serahkan. 

Aku awali pembelajaran dengan doa, menyanyikan lagu wajib dan lagu Caca marica Deng lirik tentang pembelajaran bahasa Indonesia. Asyik lho. Namun agak disayangkan aku ada sedikit kata yang lupa. 

Kali ini aku memilih KD tentang menganalisis struktur dan kebahasaan teks inspiratif. Segera aku tulis indikator dan rencana pembelajaran di papan tulis. 

Selanjutnya aku ajak anak-anak membaca kisah inspiratif yang ada dalam buku paket. Aku pun bertanya jawab dengan anak-anak tentang kisah inspiratif. 

Pembelajaran dilanjutkan dengan membahas tentang materi inti. Tata cara penulisan percakapan,  kalimat dengan urutan waktu serta  penggunaan kata ganti dengan jelas aku terangkan di depan kelas. Para siswa pun mempraktikkan di buku dan beberapa siswa maju. 

Latihan juga aku terapkan lagi lewat lembar kerja yang kubagikan pada siswa secara berkelompok. Para siswa berdiskusi. 

Per kelompok menganalisis kebahasaan yang ada dalam teks kisah inspiratif. Selanjutnya mereka mempersentasikan di depan kelas secara bergantian. 

Alhamdulillah mereka lancar dan mampu mempresentasikan hasil diskusi. Mereka dapat menyebutkan kalimat dialog, kalimat yang menyatakan urutan waktu dan kalimat dengan kata ganti yang salah dan membetulkan. 

Sebagai bentuk apresiasi siswa adalah dengan memberi tepuk tangan. Akhirnya pembelajaran ditutup dengan refleksi dan pemberian tugas. Alhamdulillah pas bel berakhirnya pembelajaran, supervisi selesai. 

Rasanya _plong_ usai melaksanakan tugas supervisi. Aku pun meninggalkan kelas dengan perasaan bahagia. Alhamdulillah.

#tantanganmaretbahagiagbm2022

#maretbahagia18



Tidak ada komentar:

Posting Komentar