Senin, 28 Maret 2022

Latihan Ujian Sekolah (1)

 


Jelang ujian sekolah, sekolah menyelenggarakan latihan ujian atau try out.  Hal ini untuk melatih para siswa sejauh mana kemampuannya dalam mendalami materi pembelajaran. 

Try Out kali ini dilaksanakan bersamaan dengan pembelajaran kelas 7 dan 8. Namun, kelas 7 dan 8 tetap masuk. Pembelajaran  kelas 7 dan 8 tetap menerapkan pembelajaran dengan sistem blended learning.  Sehari masuk sehari belajar di rumah.

Hari pertama latihan ujian berjalan lancar. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pagi itu saya tidak jaga try out karena mapel bahasa Indonesia yang diujikan saat itu. Saya hanya ikut memantau di ruang guru. Kebetulan saya juga ikut dalam kepanitiaan Ujian Sekolah. 

Sesaat saya ingin membuka laptop, Bu Ita mengabarkan bahwa beberapa siswa belum datang. 

"Saiful Munir dan Dani 9 A belum ada Bu."

"Wah, ada apa ini!" Rasanya gemes dengan anak-anak yang kurang memperhatikan Ujian Sekolah.

Berulang kali saya bergumam sendiri karena ulah siswa yang menyepelekan kegiatan ini. Segera saya telpon wali murid dan saya umumkan di grup wali murid. Tak lupa saya berusaha menghubungi dua anak ini. Namun, tak ada jawaban. Mungkin terlambat masuk itu perkiraan saya. 

Tak lama kemudian Bu Lina juga mengabarkan beberapa siswa kelas 9 B belum juga kelihatan. 

"Waduh... anak-anak ini selalu terlambat. Tes pun terlambat," ucapku agak geram. 

"Yang belum kelihatan ini Bu," ucap Bu Lina yang baru saja selesai keliling untuk mengecek kehadiran siswa. 

"Waduh!"

Kami para guru yang ada di ruang guru prihatin dengan anak-anak ini. 

"Siapa saja Bu Lina?" 

"M sandi, Toriq, Cevin, Daffa, Rizky Assofa."

Dalam hati saya tidak heran dengan anak-anak tersebut. Sudah sering mereka terlambat. Jadi kemungkinan besar mereka terlambat. 

Beberapa menit kemudian si Dani dan dua anak lain masuk ke ruang guru. Mereka terlambat. 

"Saya baru saja mengantar Bapak ke Klinik Bu," ucap Dani. Kami pun memaklumi dia. Segera dibuatkan surat izin masuk kelas karena terlambat. Tak terkecuali dengan dua anak lain yang katanya bangun kesiangan.

Selanjutnya ada kabar anak-anak tadi sudah masuk kelas. Alhamdulillah mereka pun bisa mengikuti latihan ujian pada hari pertama. 

Pelaksanaan hari pertama ujian sekolah berjalan lancar. Semoga hari kedua lebih tertib.

#tantanganmaretbahagiagbm2022

#maretbahagia27


Tidak ada komentar:

Posting Komentar