Minggu, 18 Oktober 2020

MENGELOLA BLOG BERSAMA Mr. BAMS

 


Oleh : Budiyanti Anggit

Asalamuallaikum Bapak Ibu Blogger. Salam Bahagia 

"Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu," 

                                                (Imam Malik)


Menuntut ilmu itu sepanjang hayat. Kitalah yang seharusnya mencari ilmu bukan menunggu ilmu itu datang. Sebagai seorang penulis harus mau belajar. Tak ada kata terlambat untuk belajar. Menulis butuh keterampilan. Hal ini bisa kita latih dengan rajin menulis. Apa jadinya kita belajar tanpa mempraktikkannya. Kita bisa berlatih meenulis lalu share di grup WA, Fb, Insatagram atau blog keroyoan seperti gurusiana, kompasiana. Nah, selain itu mempunyai blog sendiri lebih bagus. Layaknya mempunyai rumah sendiri. Agar rumah rapi, bagus tentu saja harus sering ditata dengan baik. Salah satu agar blog baik harus dikelola dengan baik pula.

Dengan menuliskannya di blog, kita dapat mendokumentasikan segala tulisan kita. Alhamdulilah saya dipertemukan grup menulis bersama Omjay yang mewajibkan anggota untuk membuat resume yang diposting di blog. Sebuah tantangan bagi saya yang sudah lama membiarkan blog mangkrak sampai berlumut. Sedikit demi sedikit blog pun terisi dan tidak berdebu lagi. Namun, blog yang saya punyai tampaknya belum maksimal. Maklum harus belajar lagi agar lebih baik. Adakah teman-teman yang bisa bantu?

Menjadi kebahagiaan ketika tulisan hasil resume dibaca oleh bloger lain. Apalagi diberi masukan atau diapresiasi dengan penuh semangat. Bahagia deh. Kalau sudah begitu, saya pun bergantian memberi komentar pada blog sesama anggota grup. Ya, kata Omjay kita harus walking blog. Dengan walking blog kita jadi tahu blog teman dan saling mengapresiasi. Selain itu ada silaturahmi antaranggota. Seru deh.

Kehadiran Mr. Bams dalam kelas menulis gelombang16 pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 malam adalah waktu yang tepat. Sang blogger dan literat sejati ini telah menjawab keresahan saya selaku bloger yang masih dangkal ilmu. Hal ini tentu menjadikan anggota lebih mantap untuk mengelola blog. Apalagi bagi pemula. Mrs, Bams pun mengawali materi setelah kelas dibuka oleh moderator Ibu Aam.

Siapakah sebenarnya Mr. Bams. Beliau yang bernama Bambang Purwanto ini mempunyai seabreg prestasi. Menjadi kebahagiaan tersendiri jika ilmu yang disampaikan bisa menjadi inspirasi para peserta kelas. Saya benar-benar salut dengan Mr.Bams. Selain sebagai blogger beliau adalah seorang yang mampu menularkan virus literasi di sekolah, masyarakat dan keluarga. Ketiganya bisa berjalan lancar. Jempol Mr. Bams. Tak salah lagi jika beliau mendapatkan prestasi yang luar biasa. Mari kita lihat gambar berikut.




Sebuah prestasi yang luar biasa diraih oleh Bapaknya Salwa, pendongeng dan literat sejati. Berbagai penghargaan diraih dengan sempurna karena meraih juara berbagai macam dalam sebarkan virus literasi dalam wadah TBM di Bandung. Mulailah Mr. Bams bercerita awal mula menulis di blog. Beliau berbagi pengalaman yang pernah beliau alami dibagikan pada grup guru menulis saat ini adalah pengalaman menulis dalam blog. Hal itu dikarenakan seringnya membuat blog  yang berwal dari saat menjadi wali kelas, guru mata pelajaran, pengelola organisasi. Kini beliau seorang blogger ternama. Banyak yang belajar blog pada beliau. Berikut blog yang pernah dibuat Mr. Bams.. 

http://literasi.smp.tarunabakti.sch.id/kalimat-bahagia-siswa-tahun-pelajaran-2019-2020

https://youtu.be/ERfPc1VcRho



Blognya dan youtubenya keren ya. Kapan ya bisa blog bagus seperti Mr.Bams. Dan yang lebih terkesan adalah ada blog yang berisi sangat inspiratif yaitu kalimat bahagia yang terus digerakkan lewat blog. Setiap hari beliau menulis kalimat bahagia dalam blog. Kalau tidak salah setiap malam sebelum tidur. Semuanya berisi kalimat bahagia yang dirasakan tiap hari. Benar-benar luar biasa. Saya yakin dengan menyebarkan virus kalimat bahagia ini bisa menjadikan hirup orang lain dan dirinya sendiri bahagia. Mr. Bams memulai kalimat bahagia bersama keluarga. Bahagia bisa diciptakan. Hal tersebut telah ditularkan pada sekolah juga. Pantas jika GLS di sekolah Mr. Bram super keren literasinya. Patut dicontoh nih. 

Menurut Mr. Bams, blog akan menjadi media untuk tulisan-tulisan kita. Tulisan dalam blog  bisa berisikan pengalaman kemudian hobi juga pekerjaan atau latar belakang hidup. Kita punya punya latar belakang kehidupan bisa diceritakan di blog. Jadi grup menulis bisa jadi ajang untuk belajar menulis di blog. Kini grup kelas menulis bersama Omjay  ini amat bagus karena ada kewajiban untuk menulis tiga kali dalam seminggu. Ada peningkatan yang siginifikan untuk peserta kelas.

Blog Mr. Brams ada yang menarik perhatian yaitu menulis kalimat bahagia. Kalimat bahagia yang ditulis di blog tersebut  kemudian di-share di web kemudian di grup menulis,  di Instagram,  dan share di Facebook (Facebooknya Bambang Ayah Salwa). Ada juga di podcast di spotify. Semua dilakukan ini sesungguhnya dalam rangka juga mengembangkan gerakan literasi yang ada. Sekarang gerakan literasi itu sudah ada gerakan literasi nasional kemudian gerakan literasi sekolah, gerakan literasi masyarakat, gerakan literasi keluarga.

Setiap gerakan literasi ini mencoba untuk  melibatkan diri seperti di Gerakan Literasi  di sekolah Mr.Bams juga mempunyai  taman bacaan masyarakat TBM Lebakwangi. Kemudian di rumah juga ada gerakan literasi keluarga. Bagaimana kita bisa menstimulus dan membuat kalimat- kalimat bahagia. Di rumah Mrs Bams mempunya program setiap Sabtu itu berbagi kata semangat Mr.Bams, istri dan anak beliau selalu berbagi satu kata. Jadi setiap hari Sabtu itu saling memberikan satu kata.  Setiap hari Jumat, Mr. Bams berliterasi dengan mengecek bacaan Alquran pada putrinya. Untuk mengetahui sampai surat apa, ayat keberapa. Kemudian dicatat oleh Mr. Bams  sebagai kepala keluarga.  

Bagaimana mengelola blog?

Mengelola blog menurut Mr. Bams sebaiknya memang kita harus mau belajar tekun kemudian rajin berlatih dengan sabar. Contohnya, ketika misalnya mendapatkan kesulitan. biasanya kita langsung berhenti jarang posting. Contoh lain, saat mengetahui bahwa  WordPress kok ribet banget. Kita harus tetap patah semangat. Intinya mau belajar. Semua butuh proses. Kalau mau belajar pasti bisa. Alah bisa karena biasa. Benar kok.  Kita harus konsisten untuk terus belajar dan konsisten untuk terus menulis. Harapan Mr. Bams semoga blog yang kita kelola itu akan menunjang  untuk membuat buku atau  aktivitas pada saat kita mengajar

Mrs Bams saat itu ditemani  Mario Teduh ya sebagai motivator. Mario Teduh bukan Mario Teguh lho. Beliau menyampaikan bahwa menulis itu dilakukan dengan riang gembira. Lakukan dengan sukacita. Apapun yang bisa ditulis ya tulis saja. Apalagi jika kita sudah  punya blog,  posting apa saja di blog kita sehingga blognya bisa makin ramai. Semoga dengan ilmu ini kita semakin aktif meninggalkan jejak di blog dan bisa mengelolanya lebih baik. Aamiin. 

Yang ingin belajar membuat blog bisa menghubungi Bapak Bambang Purwanto. 

 

Ambarawa, 18 Oktober 2020


 




12 komentar:

  1. Bagus bu...ilmu harus kita datangi...

    BalasHapus
  2. Wah mantap resumenya lengkap, pdhl ga mudah yah nulis resume dr voice note.. sukses bu...

    BalasHapus
  3. Kereeeen. Suka banget. Jempol.

    BalasHapus
  4. Resumenya disajikan dalam bahasa yamg baik, dan enak sekali dibaca. Mantap

    BalasHapus
  5. Mantap, tulisan Bu Budiyanti selalu urut dan mudah dipahami. saya pengen punya blog. dapatkah Ibu mengajarkan ke saya cara membuat blog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya. Maaf dengan siapa ya. Masih jauh lebih sempurna ini. Bukankah sudah punya blog?

      Hapus
  6. Kereen,Bun. Ayo belajar ngeblog bareng di Penarawa,Bun

    BalasHapus