Senin, 27 April 2020

KETIKA HARUS KELUAR RUMAH


Catatan harian#1
Alhamdulillah kita telah sampai hari keempat dan menuju kelima berpuasa. Tak terasa ya
Aku  hari ini 27 April harus keluar rumah. Ya... gimana lagi lha memang harus piket dan rapat PPDB. 

Untuk kali aku harus siap siaga deh. Kesiapan masker, hand sanitizer karena aku pasti banyak bertemu orang karena naik angkot jurusan Ambarawa -Salatiga. 

Kebetulan saya barengan piket dengan suami. Jadi bisa berangkat bareng sampai pangsar.  Sampai pangsar saya berpisah, suami lanjut naik motor ke Sumowono sedangkan saya naik angkot.

Sesaat saya naik angkot. Alhamdulillah tidak banyak orang. Hemm saat naik agak ragu juga pegangan pintu. Akhirny aku bisa duduk berjauhan dengan penumpang lain. Hanya tiga orang, semuanya sudah pakai masker termasuk Pak Sopir. 

Semilir angin pagi sejuk menerpa tubuh. Pemandangan indah terbentang.  Tampak gunung- gunung menjulang tinggi.  Rawa Pening dengan indahnya, sawah dengan penuh air sisa banjir kemarin.  Banyak para lelaki memancing di sepanjang sungai. Pemandangan yang selalu ada usai hujan deras. Konon banyak ikan berselingkuh di genangan air. 

Tak terasa aku sampai juga di Desa Kebumen. Segera aku turun setelah aku beri ongkos angkut. Hemm tak ada penumpang lagi sama aku turun. Biasanya kutambahkan sedikit agar pak sopir senang hee

Usai turun segera saya cari hand sanitizer lalu kucuci tanganku. Ayem rasanya. Hanya beberapa menit saja sampaikanlah di sekolah. Eit...tak lupa cuci tangan dengan sabun. 

Sekolah sepi. Tak ada celotehmu tak ada tawamu. Hemm kangen juga dengan mereka.  Segera masuk ruang guru dengan salam tanpa jabat tangan. Kuletakkan tas punggung lalu kukeluarkan laptop.  Kubuka laptop lalu siap kerja tak lupa foto pagi untuk laporan setiap hari ke sekolah. 

Baik piket maupun di rumah saja tetap WFH (Work From Home) para guru wajib membuat laporan tiap hari. 

Hari itu aku membuat program kerja selama seminggu dan membuat RPP. Alhamdulillah bisa selesai. Setiap guru memberi tugas satu materi untuk disampaikan ke siswa. 

Semua pembelajaran jarak jauh harus berkaitan dengan pencegahan covid-19. Maka minggu ini para siswa kelas 8 D dan E aku suruh membuat puisi empat bait dengan tema covid-19. Kita tunggu hasilnya seperti apa

Usai membuat RPP dan program PJJ aku mengikuti rapat PPDB. Kali ini diberikan tutorial pendaftaran secara online. Alhamdulillah dapat ilmu baru.

Pukul 12.00 pulang bersama Bu KS. Alhamdulillah tidak harus berhadapan dengan orang banyak. Turun pasar Lanang Ambarawa untuk belanja berbagai kebutuhan. Sang suami sudah berada di depan pasar ketika aku selesai belanja. 

Sampai di rumah mengecek tugas siswa dan memantau beberapa grup. Eh... udah telat mengikuti kelas menulis online. Sapa menyapa sebentar lalu istirahat. 

Sore aku memasak aneka menu lalu berbuka puasa bersama keluarga. Alhamdulillah nikmatnya hari ini. Semua Itu karena Allah memberi kesehatan pada kita. Oleh karena itu kita wajib bersyukur dengan meningkatkan amal ibadah kita apalagi ini di bulan Ramadhan.

#_coratcoret1_
Ambarawa, 27 April 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar