Minggu, 12 April 2020

Berbagi Pengalamam dengan Pak Encon Rahman, Guru Berprestasi Nasional dan Internasional






Pada hari Ahad, 12 April 2020 Saya menyimak kelas online dikoordinir oleh Omjay ( Wijaya Kusumah). Kesempatan ini Omjay akan mengundang tamu yaitu Bapak Haji Encon Rahman, seorang guru berprestasi dari Majalengka, Jawa Barat.

Omjay memberi salam kepada anggota grup kemudian menyampaikan bahwa kelas akan dipandu oleh Pak Bambang yang biasa disapa dengan Mr. Bams. Jika ada yang bertanya agar menghubungi beliau.

Pak Bambang langsung menyahut dengan ucapan terima kasih kepada OmJay yang selalu luar biasa dan energinya nggak pernah habis. dan menyampaikan bahwa hari ini akan belajar bareng dengan guru berprestasi. Kemudian Pak Bambang mempersilakan Kang Haji Encon untuk memperkenalkan diri.

Mulailah Pak Encon menyampaikan memperkenalkan diri dan menyampaikan materi. Mari kita simak saja. Baiklah dengan mengucapkan bismillah Saya akan menyampaikan pengalaman dan trik bagaimana agar menjadi gupres tingkat nasional juga sekaligus menjadi gupres internasional mewakili bangsa Indonesia di kancah internasional.  Lomba guru berprestasi bukan hanya ada di Indonesia tetapi lomba ini juga diterapkan di negara-negara laintermasuk di Asia Tenggara.  
                                                                                                                                                                  Itulah sebabnya pemerintah setiap tahun selalu mengadakan lomba gupres. Lomba gupres termasuk ajang berprestasi dan bergengsi bagi seorang guru. Kenapa dikatakan demikian karena penilaian gupres lebih komprehensif dan menyeluruh dari berbagai faktor. Sebagaimana kita ketahui di dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 jabatan guru itu adalah profesi. Seorang guru harus memiliki jabatan profesional di mana jabatan ini mencakup 7 M
Adapun yang dimaksud dengan 7 M adalah:

Mendidik

Membimbing

Mengarahkan kan

Melatih

Menilai

Mengajar

Mengevaluasi

Apabila guru tidak memiliki ranah 7M ini maka akan menjadi pertanyaan besar karena guru adalah seorang professional. Pada sisi lain pemerintah selalu mengadakan lomba gupres baik dari tingkat jenjang satuan pendidikan TK, SD, SMP, SMA diantaranya memiliki tujuan.
1. Mengangkat guru sebagai profesi terhormat mulia bermartabat dan terlindungi.
2. Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya.
3. Meningkatkan persaingan yang sehat selalu pemberian penghargaan di bidang pendidikan.
4. Membangun komitmen mutu guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.
Dengan mengacu kepada  tujuan pemilihan gupres di atas maka kegiatan ini rutinitas diselenggarakan setiap tahunnya. Alhamdulillah dengan izin Allah saya menjadi gupres tingkat nasional juara 1 tahun 2016 dan  terpilih mewakili bangsa Indonesia untuk tampil di ajang internasional sebagai  guru terbaik Indonesia pada tahun 2017 dari negara Thailand, yakni penghargaan Princess Maha Chakri Awards (PMCA).

Untuk menjadi gupres tidak mudah dan juga  tidak mustahil. Kenapa dikatakan demikian? Sebagaimana sampaikan di awal pembicaraan menjadi gupres merupakan ajang prestasi dan prestise tertinggi bagi karir seorang guru. Jika dalam lomba-lomba sejenis yang diadakan oleh  Kemendikbud seperti inobel lKG, OGN,  dan sejenisnya itu baru bagian terkecil dari komponen Gupres. Berdasarkan kondisi itu, bagi rekan rekan guru yang tertarik akan mengikuti ajang lomba gupres harus dipersiapkan sejak dini. Itulah materi dari Pak Encon, kemudian dilanjutkan tanda tanya yang dipandu oleh moderator. 

Demikian resume kelas menulis bersama Pak Encon Rahman. Semoga bermanfaat. Salam literasi. 

Ambarawa, 13 April 2020

5 komentar: