Minggu, 19 Maret 2023

Menjelang Ramadan (1)

      


@cerita anak

            Jelang Magrib, suasana lapangan Dusun Kaliputih masih ramai dengan anak-anak yang bermain sepak bola. Hari itu ada pertandingan kesebelasan antara Dusun Kaliputih dengan Dusun Kalipawon. Suasana sangat ramai. Galih, Arif dan Yoga tak ketinggalan menonton. Mereka bersorak gembira sambil lonjak-lonjak ketika ada bola masuk ke gawang.

            Ketika asyik-asyiknya menikmati keseruan sepakbola, suara seseorang memanggilnya terdengar jelas.

            "Mas, ada yang memanggil kita," suara Galih sambil menyenggol kakaknya.

            "Ada apa sih kok jawil-jawil," ucap Arif

            "Tuh dengar!"

            Arif mempertajam pendengarannya. Ia baru ingat, kalau ayahnya mengajak untuk mengikuti salat Nisfu Syaaban ke Masjid.

            "Ayoo pulang cepat, panggil Yoga, nanti dimarahi ayah lho," ajak Arif pada adiknya. Ketiga anak itu  berlari agar sampai rumah sebelum Magrib.

            Sampai rumah mereka pun langsung mandi secara bergantian karena kamar mandi hanya satu.

            "Ayoo cepat, sebentar lagi azan Maghrib lho," ucap Mbak Mar, ART yang membantu mengambilkan baju pengganti untuk ketiga anak Pak Yo itu.

            Azan Magrib berkumandang dengan jelas dari Masjid At-Taqwa. Arif, Galih, Yoga bergegas menuju masjid. Ayah dan bunda mereka menyertai.

            "Sudah wudhu semuanya?" tanya Bunda Dian sambil menggandeng membetulkan mukena. Sementara Yoga, si Ragil yang masih duduk di RA  itu digandeng ayahnya. 

            "Udah dong," serempak Arif dan Galih berucap.

            Masjid At-Taqwa sudah lumayan banyak yang datang. Kaum ibu berada di sebelah kiri. Sementara Bapak-bapak dan anak-anak berada di sebelah kanan.  Arif, Galih dan Yoga berdiri di shaf kedua sejajar dengan ayahnya.  Satu keluarga Pak Cahyo mengikuti salat Magrib berjamaah. Suasana hening walaupun beberapa anak kecil salat sambil tersenyum saling lirik.

            Usai salat Maghrib dilanjutkan dengan salat nifsu syahban. Kali ini yang menjadi imam adalah Pak Dedy. Pak Dedy pun mengingatkan niat salat nifsu syahban.

            Niat sholat Nisfu Syaban untuk makmum

            Ushalli sunnata Nishfi Sya'bân rak'ataini ma'mûman lillâhi ta'ala, Allahu Akbar.

            Artinya: "Aku niat shalat sunah nisfu sya'ban dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta'ala. Allahu Akbar."

            Setelah salat dua rakaat. Dilanjutkan membaca tiga kali surat Yasin untuk semua jemaah. Tampak Yoga mulai diam. Ia ngantuk berat.

         “Yog, ngantuk ya,” tanya Jepri teman bermainnya.

      "Haaaa.” Yoga tergagap lalu mengucek matanya. Lalu keluar untuk mencuci muka agar tidak mengantuk lagi.  Kemudian bergabung lagi di dekat Ayahnya. Lalu menyimak lagi surat Yasin. Waktu salat Isya tiba. Semua jemaah salat Isya berjamaah. Dengan wajah mengantuk Yoga ikut salat berjamaah juga.

            Arif , Galih dan Yoga beriringan berjalan menuju rumah. Mereka langsung berlarian agar cepat sampai rumah.

          “Galih, tahu gak makna malam nifsu syabhan?” tanya Bu Dian pada anak kedua.

            “Hee gak ik Buk, setahu saya sih kalau syaban ada yang jual serabi di jalan raya,” ucap  Galih yang masih asyik dengan dolaan Tok-tok.

            “Gini ya Bunda jelasin,”

     “Bulan Syaban merupakan pintu gerbang menuju bulan suci Ramadhan, Bulan Sya'ban adalah Bulannya Rasulullah SAW. Syaban dianggap bulan yang  mulia karena di bulan ini Allah menurunkan ayat perintah untuk bershalawat pada bulan ini. Perintah tersebut tercantum dalam ayat berikut

 “Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yangg beriman, Shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada-Nya.”(Q.S Al Ahzab; 56).

            Galih, Yoga , Arif mendengarkan Bundanya berceramah.

            “Keistimewaan Bulan Syakban dalam Islam adalahbulan ketika Amal Manusia Diangkat. Bulan dengan Pahala yg Banyak & Ampunan. Bulan di Mana Rasulullah Banyak Mengerjakan Puasa. . Ada Malam Nisfu Syaban. Niat sholat Nisfu Syaban wajib diketahui oleh umat Islam yang akan mengerjakan sholat sunnah tersebut. Berikut ini informasi lengkap mengenai bacaan niat sholat Nisfu Syaban lengkap dengan tata cara, waktu pelaksanaan, dan doanya.

         “Paham semuanya?”

        “Kok bunda paham semuanya sih?”

          Tiba-tiba ayah mereka muncul.

    "Tuh bunda itu baca di WA Grup Muslimat,”

            “Oalah, kirain…”

            Mereka tertawa bersama.

#Tantangan Menulis Ramadan

#1

 

 

 

3 komentar: