Senin, 01 Mei 2017

Mencoba Lezatnya Bakso Uleg Tamanggung


Hai sobat semua, saya yakin teman-teman demen bakso ya kan. Ya… menu ini sudah menjadi menu favorit berbagai kalangan. Baik anak-anak, remaja, atau orangtua. Benar kan?
Nah…sobat, saya baru saja mencoba menu baru nih. Dan kedengarannya gak sesuai dengan bakso kebanyakan. Namanya saja Bakso Uleg. Ingin tahu kan. Okey ….lanjut!

Makan bakso uleg bersama teman lama
Hari Senin kemarin tuh libur kan. Ya… biasa nyelesaikan  berbagai target. Pekerjaan rumah, bersih-bersih rumah, nyuci dll. Ya tentu nyelesain proyek tulisan yang belum juga kelar. Heee sok penulis kali. Tapi tetap semangat kok. Okey… tiba-tiba ada teman lama kirim pesan lewat WA kalau mau mampir ke rumah. Wkkkk belum mandi juga saat itu. Ya akhirnya langsung bersih diri deh biar gak bau. Tamu datang saya sudah dandan rapi. Temanku datang bersama anak dan suami. Mereka mampir karena mau ngantar anak ke tempat kost. Setelah ngobrol sana- sini akhirnya temanku ngajak ngantar anaknya ke Temanggung. Hemmm mau juga nih daripada jenuh ngadepin laptop, idep-idep refresing.
Setelah azan dhuhur Saya, Laksmi( teman semasa SMA) dan suami serta anaknya meluncur ke Temangung. Kota yang sejuk. Dari Ambarawa sekitar pukul 13.00. Kurang lebih satu jam kami sampai di Jembatan Progo. Mungkin hari libur sekitar jembatan ramai. Setelah masuk Temanggung lurus sampailah kami di Jalan Jenderal Sudirman. Kami sepakat mau makan bakso dulu sebelum ke tempat kost. Kami berhenti persis di depan BRI di situ ada  sebuah kios Bakso Uleg Pak Di. Wah penasaran saya dengan bakso itu. yang diuleg apanya. Trus baksonya gimana.
Kami pun memilih duduk di dalam lalu memesan bakso serta minuman. Terlihat lumayan banyak pembelinya. Namun karena pelayannya banyak pesanan kami pun segera datang. Empat mangkok bakso dan satu mangkok berisi sambal berwarna hijau. Saya yakin ini ulegan cabai rawit dan sedikit air. Oh… jadi yang dijadikan nama bakso itu dari sambal yang  diuleg bukan baksonya. Lho bukankah sambal memang diuleg. Heee entahlah.

Kami pun langsung menikmati bakso. Harumnya menguar. Menggoda untuk segera disantap. Namun yang cerewet tanya sana- sini ya cuma saya karena temanku dan keluarganya sudah sering ke sini sih. Hem… kucicipi  kuah yang berwarna coklat kehitaman. Tidak bening layaknya bakso pada umumnya. Dan kurasakan sambil mikir rasa kuah itu. kok beda ya. Rasanya saya pernah merasakan kuah seerti ini tadi. Dan temanku mengatakan kalau kuahnya seperti kuah mie kopyok. Oalah…jadi ingat deh. Ya benar kuah bakso uleg ini bukan kuah bakso pada umumnya tapi kuah bakmi kopyok. Rasanya manis, gurih tak eneg. Lantas saya mulai mangaduk-aduk isi mangkok tadi. Ternyata bakso uleg ini berisi tiga bulatan bakso kalau ini sama dengan bakso pada umumnya. Kemudian ada irisan ketupat dan juga Tahu kuning yang diiris. Selanjutnya di atas kuah ditaburi daun seledri yang diiris halus. 
Bakso Uleg. 
 Saya merasa seperti makan bakmi kopyok. Tapi ada baksonya. Kuah tak berasa ada kaldu atau pedasnya mrica. Jadi segar. Apalagi ditambah dengan kerupuk dan sedikit sambal lombok rawit hijau. Jadi saya merasa tidak eneg dengan menu baru ini.  Biasanya sih kalau makan bakso pada umumnya sedikit eneg maklum mungkin baksonya sudah diberi MSG dan kadang kuah diberi lagi. Jadi biasanya gak habis deh. Lah ini sampai tetes terakhir deh. Kuah gak eneg di lidah. Jadi langsung habis. Maklum dari pagi juga belum sempat makan. 

Warung Bakso Uleg Temanggung
Coba deh jika teman-teman ke Temanggung. Dan harganya juga bersahabat  kok sama dengan bakso pada umumnya. Satu mangkok 11 ribu. Oh ya selain bisa menikmati sensasi baru, Saya juga gak sengaja bertemu juga teman dumay yang udah baik sih. Mbak Dini yang kebetulan rumahnya Temanggung. Alhamdulilah hari dipertemukan teman-teman yang baik. Makasih oleh-olehnya ya Mbak Dini. 

Kopdar dadakan dengan Mbak Dini
Okey selamat mencoba. Bakso uleg gak bikin eneg.

Ambarawa, 1 Mei 2017

5 komentar:

  1. Dulu waktu masih punya petshop di dekat situ, hampir tiap hari mampir ke bakso uleg pak Di bu. Awalnya bagiku rasa kuahnya aneh bu, tapi lama-lama jadi suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak Hany. Iya Mbak.Awalnya saya juga gitu trus begitu ncicipi merasa gak eneg.

      Hapus
  2. Belum pernah ke situ bu, kapan2 mampir ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah mampir. Ayo...Mbak Wahyu, mencoba menu baru

      Hapus
  3. Ohh gitu.. Tapi kenapa gak diuleg saja ya baksonya? Hmm

    BalasHapus